Biennale Jogja XV

Nge Lay

Posted on Oktober 10, 2019, 12:06 pm
2 mins

Nge Lay lahir 1979 di Pyin Oo Lwin, Myanmar. Tinggal dan bekerja di Yangon, Myanmar. Nge Lay belajar di jurusan Lukis pada University of Culture, Yangon (1999-2003) dan menerima gelar sarjana seni dalam Seni Lukis (2003). Dia juga lulus dari Yangon East University dengan gelar sarjana ekonomi, lalu belajar desain perhiasan hingga sekarang.

Nge Lay telah berpartisipasi di berbagai pameran dan juga menggelar pameran tunggal di berbagai negara. termasuk Singapore Biennale 2013 (If The World Changed); the 8th Asia Pacific Triennial of Contemporary Art (APT8) QGOMA, Brisbane, Queensland, Australia; 21stNovember 2015 – 10th April 2016; the 3rd Kunming Biennale,  Kunming, China; Bangkok Art Biennale 2018; Children’s Biennale 2019 at National Gallery Singapore. Sekarang, ia merupakan penyelenggara dari Thuye`dan Village Art Project”, Thuye`dan Village, Pyay, Myanmar.

Semua terus berubah setiap waktu. Perubahan yang berbeda membawa ketidaksamaan yang berbeda-beda. Dalam lingkungan di mana saya hidup—di perlintasan setiap detik—semua terus berubah, termasuk isu budaya, politik, relasi global, bahkan situasi mental dan fisik saya.

Tidak ada yang permanen atau terus ada selamanya. Seringkali, hal-hal yang saya lihat ketika melihat foto-foto lama menunjukkan contoh dari situasi yang berbeda antara masa lalu dan masa kini. Beberapa perubahan bisa ditunjuk langsung, sementara yang lain berubah tipis-tipis. Beberapa berubah dalam moda yang beragam, sesuai dengan wilayah mereka sendiri, meskipun dalam waktu yang sama.

Karya-karya ini merefleksikan jelajah saya atas perbedaan-perbedaan antara masa lalu dan masa kini berkait dengan perubahan kebudayaan, masyarakat, ekonomi dan lingkungan di Myanmar. Endless Story dan Urban Story adalah sebuah projek berkelanjutan yang dimulai sejak 2012, dan kemudian bergeser ke Kamboja sejak 2016.

Projek ini dimaksudkan untuk terjadi di beberapa negara di dunia. Karenanya, proyek inilah yang saya kembangkan untuk Biennale Jogja 2019. Indonesia mempunyai sejarah panjang di Asia Tenggara dan menyimpan beragam kisah termasuk tentang arsitektur masa lalu.

Sangat menarik untuk melakukan riset tentang sumber sejarah dari foto-foto lama di Indonesia, menggabungkan refleksi masa kini atas Indonesia dan berkolaborasi dengan warga lokal.

 

Sumber foto: Kanal YouTube blouinartinfo.com