Biennale Jogja XV

Bing Kalis

Posted on Oktober 10, 2019, 8:55 pm
31 secs

Bing Kalis, atau yang lebih dikenal sebagai Bing Lathan, adalah seniman yang berasal dari Sanggau Kapuas. Bing Lathan lahir pada tahun 1971 dan meninggal pada 5 Juli, 2017. Karya-karyanya menggunakan medium drawing hitam putih. Bing Lathan ikut serta dalam beberapa pameran, antara lain, Warni-Warni Khatulistiwa (2002), Isi Kepala, Museum Gedung Kontemporer Kalbar (2008), dan terlibat dalam pameran nasional bersama Galeri Nasional di Museum PTK (2015). Sebelum meninggal, Bing Lathan juga sempat mengadakan pameran tunggalnya yang berjudul Rasa Bineka Warna pada tahun 2017.

Semasa hidupnya, Bing Lathan cukup banyak mengabadikan ragam hias, praktik hidup, tradisi, dan segala hal yang bernuansa Kalimantan melalui drawing bercorak warna hitam dan putih. Dia mempunyai komitmen untuk memperkenalkan kebudayaan daerahnya lewat medium itu.

Sebelum meninggal, Bing Lathan mengerjakan sebuah proyek pribadi, yakni menggambar rumah-rumah panjang dan perkampungan tradisional Dayak di sepanjang sungai Kapuas. Sedianya, karya drawing itu dibuat sebanyak 15 buah. Namun, baru selesai 10 buah, Bing Lathan keburu berpulang. 10 buah karya drawing itu lah yang akan ditampilkan di dalam penyelenggaraan Biennale Jogja.

Karya-karya tersebut tidak hanya merekam kegelisahan Bing Lathan menjelang akhir hidupnya, tetapi juga menjadi ilustrasi penting yang menggambarkan kehidupan sosial dan tradisi masyarakat Dayak.

SEBELUMNYA

Ferial Affif