Biennale Jogja XV

Pertunjukan Bunyi Kontemporer #NOISEXY

Posted on November 04, 2019, 4:47 pm
13 secs

Pertunjukan Bunyi Kontemporer dalam rangkaian Biennale Jogja XV yang diadakan di Bilik Taiwan (Helutrans Art Space) hari Sabtu (2/11) yang bertajuk #NOISEXY menghadirkan Betty Apple, seniman dari Taiwan yang berkolaborasi dengan Cat-Ether (ID) dan Teenage Granny (PH). Pertunjukan #NOISEXY ini dibuka dengan Graea (ID) dengan pertunjukan eksperimental suara.

Betty menggunakan politik tubuh dan performativitas sebagai bingkai kerjanya dan menggambarkan pengalaman hidupnya sebagai seorang milenial yang hidup di konteks poskolonial Taiwan, karya Betty Apple mengapropriasi objek-objek simbolis dari kebudayaan kitsch dan masyarakat konsumer sebagai elemen sound: objek-objek yang diproduksi masal dimaksudkan sebagai erotisisme dan pertunjukan.

Tujuannya adalah untuk mempelajari teks suara yang penuh chaos dan histeris, yang diciptakan dari dalam keluar, terdistorsi oleh gangguan dari manusia dan objek-objek. Selama di Jogja Betty Apple bertemu dengan beberapa seniman perempuan yang masuk dalam skena bunyi dan musik, lalu mengajak mereka membicarakan tubuh dan kisss. Pertunjukan ini adalah perayaan atas perjumpaan-perjumpaan itu.