Biennale Jogja XV

Kids Corner di Taman Budaya Yogyakarta

Posted on October 25, 2019, 4:18 pm
3 mins

Ada hal yang berbeda pada perhelatan Biennale Jogja kali ini, yaitu Kids Corner yang disediakan di salah satu sudut ruang pameran di gedung Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Di dalam Kids Corner tersebut terdapat berbagai koleksi buku bacaan anak-anak, ruang bermain, serta ruang membaca yang nyaman. Selain itu, anak anak juga mendapatkan fasilitas menggambar berupa kertas dan alat gambar seperti cat air, krayon dan spidol warna. Di Kids Corner juga terdapat Exhibition Guide, yang bertugas untuk menjaga, mengawasi, dan mengajak bermain anak-anak, supaya nantinya orang tua akan merasa aman ketika menitipkan putra-putrinya.

Kids Corner kali ini bekerjasama dengan dengan salah satu seniman Biennale, Siam Artista.  Melalui ciri khas nya, Siam melukis untuk Kids Corner yang mengangkat tema kelautan. Konsep “bertumbuh” diangkat oleh Kids Corner yang diadakan oleh Biennale Joogja Equator#5 kali ini. Ketika pembukaan, terdapat space-space kosong yang sengaja dibiarkan dan nantinya akan bertumbuh seiring berjalannya pameran. Di dalam Kids Corner menyediakan dinding kosong yang khusus disediakan untuk anak-anak mewarnai. Selain itu, bagian alas di ruang Kids Corner sengaja dibuat dengan bahan kardus, yang bertujuan agar nantinya anak-anak bisa melukis dan menggambar di alas kardus tersebut dengan berbagai alat lukis yang disediakan. Setelah selesai mewarnai karya akan di tempel di ruang-ruang dinding kosong yang khusus disediakan untuk menempelkan hasil karya anak-anak.

Setiap minggunya di dalam Kids Corner terdapat banyak acara dan program yang akan diadakan. Tiap hari Minggu sore terdapat berbagai workshop, untuk hari Selasa – Kamis pagi akan diadakan tour untuk berbagai sekolah-sekolah yang ada di wilayah DIY. Sesuai dengan tema Biennale yang diangkat yaitu “Pinggiran”, Kids Corner memfasilitasi tour dari berbagai sekolah-sekolah yang berlokasi jauh seperti di daerah Gunung Kidul dan Kulonprogo.

Workshop yang diadakan antara lain; mural (mewarnai dinding), workshop ecoprint, Membuat dan melukis aksesoris dengan tanah liat. Selain itu program Kids Corner banyak melibatkan kerjasama dengan berbagai komunitas, sepeerti RC (Rumah Cinta), Bioscil (Bioskop Kecil), dan lain-lain.

Kids Corner di Biennale Jogja Equator #5 bertujuan agar anak-anak dapat terlibat dalam pameran Biennale secara langsung, juga memberikan kenyamanan pengunjung yang membawa anak kecil dan ingin menikmati karya-karya yang terdapat di TBY. Selain itu, Kids Corner juga bertujuan agar anak-anak dapat berkontribusi dalam pameran dan merespon ruang seni yang telah disediakan.