Wicara Kuratorial

Posted on October 14, 2019, 6:06 pm
18 secs

Do we live in the same PLAYGROUND?

Tajuk ini kami pilih untuk merangkum pembacaan kami dan seniman-seniman yang terlibat di dalam perhelatan Biennale Jogja Equator 5 atas segelintir persoalan “pinggiran” yang berlangsung di kawasan Asia Tenggara, terutama yang beririsan dengan masalah identitas (gender, ras, dan agama), narasi kecil, konflik sosial-politik, perburuhan, lingkungan, atau yang lebih spesifik, praktik kesenian.

PLAYGROUND adalah alegori bagi ruang hidup dan/atau ruang ekspresi kita yang acap kali tampak menyenangkan, tetapi mempunyai berlapis-lapis persoalan di baliknya. Kita tidak hanya perlu mengurai dan mengenali persoalan-persoalan itu, tetapi juga bertanya–terutama kepada diri kita sendiri–tentang bagaimana kita akan mengambil posisi (entah sebagai seniman, kurator, penikmat kesenian, dan pihak-pihak lain) terhadap berbagai isu bersama yang hadir di hadapan kita.

Bagaimana gagasan ini dimunculkan dalam Praktik Kuratorial mereka dalam Biennale Jogja 2019? Bagaimana metode kerja kolektif dalam kerja kuratorial?

Simak dalam diskusi bersama ketiga kurator dalam Biennale Jogja yang dipandu oleh seorang ahli antropologi visual Muhammad Zamzam Fauzanafi.