Biennale Jogja XV

Nowhere Oasis: Ngangkring bareng Jun Kitazawa

Posted on Oktober 18, 2019, 8:42 pm
5 mins

Sebuah antah-berantah,
Sebuah tempat entah di mana,
Bukan di sini, atau pun di sana.
Namun, di sinilah aku berada
Samar, tetapi pasti
Aku mencari destinasi akan tubuhku.
(Dari prakata seniman)


Di jalanan-jalanan Jepang dan Indonesia, proyek ini mencari destinasi yang tidak ada di mana pun (nowhere), tetapi sekaligus ada di sini (now here).

NOWHERE OASIS
konsep & Pengarahan oleh JUN KITAZAWA

[JAPAN / TOKYO]
1 -10 NOVEMBER 2019
3PM-7PM JST
Tokyo Metropolitan Theatre [plaza depan] dan beberapa lokasi

[INDONESIA/ YOGYAKARTA]
23-30 NOVEMBER 2019
4PM-8PM WIB
TAMAN BUDAYA YOGYAKARTA DAN BEBERAPA LOKASI


Bisakah kita menjadi “yang normal” di antara “yang berbeda”? Bisakah kita temukan “yang berbeda” di tengah-tengah “yang normal”? Bagi kita, apakah “yang normal” dan “yang berbeda”?

Angkringan adalah gerobak makanan dengan penutup yang melambangkan kehidupan sehari-hari di Yogyakarta, Indonesia. Gerobak makanan ini tiba-tiba muncul di Tokyo, Jepang, kemudian kembali  lagi ke asalnya. Judul “NOWHERE OASIS” menggambarkan konsep bagaimana kedua negara ini, dengan segala perbedaannya, melebur.

Kala hari mulai petang, gerobak makanan yang disebut “Angkringan” mulai bermunculan di jalanan Yogyakarta. Pengunjungnya duduk berdampingan sembari bercengkerama di ruang yang nyaman dan bersahabat ini. Di sini, waktu berjalan begitu pelan. Selembar terpal menyelimuti gerobak angkringan, membuat yang di dalam tak terlihat dari luar. Oleh karena itu, angkringan bisa diakses oleh siapa saja, tetapi tidak terlalu terbuka. Angkringan mempertahankan karakter kota Yogyakarta melalui kedua sisinya: antara terlihat dan tak kasatmata; umum sekaligus tertutup. “NOWHERE OASIS” adalah proyek yang diprakarsai oleh Jun Kitazawa –seniman yang lahir di Tokyo dan kini tinggal di Yogyakarta. Berangkat dari kegelisahannya akan hidup di dua negara dan masyarakat yang berbeda, serta kerap hilir-mudik tanpa memiliki sebuah “destinasi”,  Kitazawa menuangkan pengalamannya ke dalam interpretasi akan angkringan.

Beberapa gerobak angkringan yang dibuat di Yogyakarta muncul di jalanan Ikebukuro, Tokyo. Lokasi utamanya berada di depan plaza Teater Tokyo Metropolitan, tetapi gerobak-gerobak ini juga berpindah ke beberapa lokasi di sekitar Stasiun Ikebukuro. Bekerja sama dengan komunitas orang Indonesia yang tinggal di Jepang, angkringan ini akan mengundang berbagai macam respons dari orang-orang yang mengunjungi dan melewati Ikebukuro.

Kemudian, lanskap yang terlahir dari proyek di Tokyo akan dibawa kembali ke Yogyakarta. Angkringan-angkringan di berbagai lokasi di Yogyakarta akan mengadopsi berbagai memori dari Tokyo, sebagai upaya untuk menghadirkan rasa asing pada kehidupan sehari-hari di Yogyakarta.

Di jalanan-jalanan di kedua negara Asia ini, “NOWHERE OASIS” menciptakan, mencari, dan berpindah-pindah di antara tempat-tempat yang terhubung dengan konteks kedua kota ini, tetapi sekaligus tidak terpaut pada keduanya. Dengan begitu, proyek ini menciptakan sebuah oasis yang tidak ada di mana pun (nowhere), tetapi juga berada di sini (now here).


JUN KITAZAWA
Lahir di Tokyo pada tahun 1988, Jun Kitazawa adalah seniman yang kini tinggal di Yogyakarta.
la menyelesaikan studi doktor di Tokyo University of the Arts, ia adalah pengelola Jun Kitazwa Of­fice Yakumo dan Studio Belimbing. Dalam praktik berkeseniannya, ia kerap memproyeksikan berbagai model masyarakat melalui berbagai bentuk kerjanya serta kerja kolaborasi dengan berbagai pihak. Pada tahun 2016, ia masuk ke dalam jajaran Forbes Magazines 30 Under 30 Asia dalam ranah kesenian

NOWHERE OASIS  [Tokyo]
Konsep & Pengarahan: Jun Kitazawa
Penjual Angkringan:Retno Watanebe dan lainya
Kolaborator:Kei Nanba, Takehiro Go, Eiji Takeda
Asisten Proyek:Junichiro Endo, Munif Rafi Zuhdi, Annisa Putri Cinderakasih, Anastasia Yuanita
Design Grafis  : Tadao Kawamura
Penterjemah : Teruri Yamawaki
Dokumentasi:Hibiki Miyazawa, Takashi Fujikawa (Alloposidae)、Rizky Nur Widyatmaja
Koordinator Produksi:Mayuko Arakawa, Toshifumi Matsumiya (Festival/Tokyo), Naho Kato (TASKO inc.)、Miki Kanai
Didukung oleh Java Restaurant Monggo Moro, Art Merdeka, Angkringan 45 Bayat, Biennale Yogyakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo JAPAN
Dikelolah oleh Festival/Tokyo

NOWHERE OASIS [Yogyakarta]
Konsep & Pengarahan: Jun Kitazawa
Asisten Proyek: Munif Rafi Zuhdi, Annisa Putri Cinderakasih, Anastasia Yuanita
Desain Grafis: Tadao Kawamura
Dokumentasi Video: Rizky Nur Widyatmaja
Dikelolah oleh Yayasan Biennale Yogyakarta
Didukung oleh The Japan Foundation Asia Center, Art Merdeka, Angkringan 45 Bayat
Taman Budaya Yogyakarta, Festival/Tokyo