Biennale Jogja XV

Thanh Mai

Posted on Oktober 31, 2019, 11:51 am
41 secs

Lahir tahun 1983 di Hanoi, Nguyễn Thị Thanh Mai lulus dari Huê College of Arts pada 2006 dan menyelesaikan master di Mahasarakham University, Thailand pada 2012. Thanh Mai bekerja dengan beragam media termasuk fotografi dan video. Karya-karyanya pada periode awal berfokus pada pengalaman dan hak perempuan di konteks Asia. Belakangan, praktiknya mulai mempertanyakan identitas, baik personal maupun kolektif termasuk pengalaman pekerja migran. Ia mengeksplorasi relasi antara individu dan masyarakat, serta peran fantasi dan imajinasi dalam konsep orang kebanyakan tentang keberadaan mereka.

Pada 2014, Thanh Mai meraih Pollock-Krasner grant. Pamerannya yang penting termasuk Another World (Kunstlerhaus Bethanien, Germany, 2016), Scars (Gallery PM, Croatia, 2016) dan Day By Day (Sao La Art Space, Hô Chí Minh City, Viêt Nam dan SA SA BASSAC, Phnom Penh, Cambodia, 2015).

Pada risetnya ia menginvestigasi secara mendalam tentang pentingnya kartu identitas, dampak dan bagaimana pengetahuan orang tentangnya. Peradaban menciptakan banyak hal, termasuk kartu identitas. Bagaimanapun, banyak orang bermasalah dengan kartu identitas. Ia bisa menjadi identitas, bisa menjadi kuasa, cara mengklasifikasi, atau bahkan mimpi. Melalui berbagai pendekatan, termasuk dokumenter, partisipatif dan intervensi, DAY BY DAY mengolah pengalaman kehidupan orang Vietnam di Kamboja. Projek ini memunculkan kemungkinannya ditampilkannya pengalaman orang baik secara unik atau bagaimana mereka berkait dengan yang lain.

 

Sumber foto: asiasociety.org

SEBELUMNYA

Gan Siong King

SELANJUTNYA

Ling Quisumbing