Muslimah Collective

Posted on Oktober 10, 2019, 4:00 pm
35 secs

Didirikan pada 2015, Muslimah Collective adalah sebuah kelompok kolaboratif di antara lima seniman dari Pattani, Yala dan Narathiwat—bagian paling Selatan Thailand. Mereka adalah Keeta Isran, Nuriya Waji, Heedayah Mahavi, Kusofiyah Nibuesa, dan Arichama Pakapet. Dengan usaha untuk membuat sesuatu di luar kelaziman, terutama berkait gagasan kesetaraan, Muslimah Collective banyak dibingkai dalam pandangan tentang Jilbab mereka yang mengatur nilai keperempuanan, refleksi dari kecantikan dan realitas masyarakat di Selatan termasuk harapan mereka tentang perdamaian.

Dalam rangka membagi harapan dan kekuatan mereka melalui berbagai aspek seni, kelompok ini berharap menunjukkan kreativitas dan gaya artistik yang membantu membangun karakter tentang generasi seniman perempuan baru. Untuk meraih tujuan itu, Muslimah Collective mendorong keinginan dan memberdayakan keterampilan seniman perempuan di Selatan Bawah Thailand. Bersama-sama, mereka berpameran “The Way of Women” at PEOPLE GALLERY, Bangkok Art & Culture Center (2017), dan berpartisipasi dalam Bangkok Art Biennale 2018, bersama Keeta Isran dan Prach Pimarnman, Direktur of De’ Lapae Contemporary Art Space, Narathiwat, Thailand.

Untuk Biennale Jogja 2019, mereka mempresentasikan karya-karya berbeda yang berfokus pada kehidupan Muslimah di Pattani. Lalu ada pula karya berbasis riset praktik dari seorang anggota Nuriya Waji yang melakukan residensi selama sebulan di Yogyakarta.

 

Sumber foto: bkkartbiennale.com