Site Loader

Program Parallel Events Biennale Jogja XI 2011 menerapkan tujuh kriteria: 1) Kegiatan berbasis kolektif; 2) Adanya partisipasi seniman senirupa dalam kegiatan, jika yang membuat dari kalangan non-senirupa. Kegiatan harus dilaksanakan secara berkelompok; 3) Adanya partisipasi non-senirupa, jika yang membuat dari kalangan senirupa. Kegiatan harus dilakukan secara berkelompok; 4) Adanya keterkaitan kegiatan pada tema Biennale Jogja XI 2011, Religiositas dan Keberagaman, Isu-isu seputar Khatulistiwa, serta Isu-isu seputar hubungan Indonesia dan India; 5) Adanya tingkat kesesuaian antara proposal kegiatan dengan pelaksanaannya; 6) Adanya praktik lintas disiplin ilmu dalam konsep, perancangan, dan pelaksanaan kegiatan; 7) Aspek artistik.

Dengan menggunakan ketujuh kriteria tersebut, kesepuluh peserta Parallel Events Biennale Jogja XI 2011 memenuhi semua persyaratan tersebut. Oleh karena itu Tim Juri memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua peserta Parallel Events Biennale Jogja XI tahun 2011 ini atas semangat dan kontribusinya.

Namun demikian, setelah melihat lebih jauh tujuan dari kegiatan Biennale Jogja XI 2011 ini, maka Tim Juri menilai lebih kepada peserta yang memiliki kemampuan melintasi batas-batas spasial (sosial dan kultural); dan berhasil menunjukkan kesenyawaan kolaborasi yang maksimal (antara seniman dan non-seniman).

Kami, Dewan Juri Parallel Events Biennale Jogja XI 2011, memutuskan memberikan penghargaan kepada tiga peserta tanpa ranking, sebagai peserta dengan Perancangan Program Terbaik. Ketiga peserta tersebut adalah: Ace House Collective, Kandang Jaran, dan KUNCI Cultural Studies Center. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Yogyakarta, 3 Januari 2012,

Anggota Juari PE BJ XI 2011
PM Laksono
Nindityo Adipurnomo
Halim HD
Muhammad ‘Ucup’ Yusuf
Amalinda Savirani